Apa Itu Merchandise, Fungsi dan Jenisnya

Untuk mengetahui apa saja jenis merchandise, simak penjelasan di bawah ini.

Merchandise ialah barang atau item yang sering dibagikan di berbagai acara sebagai salah satu media branding dan promosi sebuah merek atau perusahaan. Biasanya, merch dibagikan secara cuma-cuma atau berbayar untuk meningkatkan citra baik perusahaan yang membagikan.

Ada banyak jenis merchandise yang biasa digunakan sehari-hari mulai dari aksesoris, produk skincare, fashion, peralatan makan, peralatan masak dan masih banyak lagi yang dipilih sesuai tujuan acara. Untuk mengetahui apa saja jenis merchandise, simak penjelasan di bawah ini.

 

Pengertian Merchandise

Untuk bisa memahami lebih mendalam tentang apa itu merchandise maka diperlukan banyak sumber yang terpercaya. Menurut Muhammad Ikhwanuddin Muslim, dkk. Mengartikan merchandise sebagai suatu produk yang diperjualbelikan oleh pedagang dalam bentuk eceran maupun peritel. Produk ini umumnya dijadikan sebagai retail marketing mix.

Selain itu, dalam buku Pajak Penghasilan Penjualan Merchandise dan Perlengkapan Bola Basket mengartikan Merchandise sebagai suatu produk, barang, atau komoditas yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk menunjukkan keberadaannya. Dalam merchandise umumnya terdapat logo atau merek yang identik dengan badan usahanya.

Menurut Hendri Ma'ruf, kegiatan merchandising ini dilakukan dengan tujuan sebagai upaya pengadaan dan juga penanganan barang. Setiap pengadaan barang yang ada di supermarket, departemen store dan juga toko dilakukan oleh bagian merchandising ini. Keberadaan dari merchandise ini memiliki banyak sekali fungsi dan kegunaannya.

 

Fungsi Merchandise

 

1. Memperkenalkan Produk Baru

Melalui merchandise ini, pebisnis atau badan usaha dapat memperkenalkan berbagai jenis produk baru yang akan dirilis. Fungsi dari merchandise disini dijadikan sebagai media promosi agar produk lebih mudah dikenal oleh masyarakat secara luas. Branding ini dinilai cukup efektif untuk memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk baru yang ditawarkan.

 

2. Menunjang Aktivitas Jual Beli

Keberadaan dari merchandise ini secara tidak langsung menjadi daya tarik tersendiri. Keunikan yang ditawarkannya mampu membuat orang tertarik memilikinya. Pemilihan produk merchandise yang tepat tentunya akan mampu menarik kedatangan banyak pengunjung ke toko atau bisnis yang sedang dijalankan saat ini.

 

3. Media Promosi

Mengacu pada pengertiannya, produk yang satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana atau media promosi. Cara yang satu ini dapat dijadikan referensi untuk bisa memperkenalkan produk secara lebih cepat kepada masyarakat.

 

4. Sebagai Hadiah

Fungsi lain dari keberadaan merchandise ini juga dapat dijadikan sebagai hadiah atau ucapan terimakasih kepada pelanggan yang sudah setia dan selalu menggunakan produk-produk unggulan dari badan usaha atau perusahaan tertentu. Pemberian hadiah ini dapat diberikan ketika pelanggan berhasil memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan.

 

5. Dijadikan Sebagai Pembeda

Setiap usaha tentunya memiliki pesaing bisnis yang menjual produk dan barang serupa. Namun untuk membedakan brand Kamu dengan yang lainnya, maka bisa ditandai dengan adanya Merchandise ini. Dengan begitu maka masyarakat bisa dengan lebih mudah membedakan mana produk dari badan usaha kamu dan mana yang bukan.

 

6. Menarik Masyarakat untuk Membeli Produk 

Masyarakat tentunya akan semakin tertarik dengan suatu produk jika terdapat hadiah atau diskon yang diberikan dari suatu pembelian. Dengan begitu maka pemberian merchandise ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian banyak orang. Dapat dipastikan bahwa akan ada banyak orang yang merasa penasaran dan akhirnya mencoba produk bisnis.

 

7. Brand Awareness

Tidak jarang ditemukan bahwa merchandise ini juga digunakan sebagai brand awareness agar pelanggan tidak melirik produk dari usaha lain yang serupa. Kepercayaan pelanggan menjadi salah satu hal yang wajib untuk dijaga dan diperhatikan agar usaha bisa terus maju dan berkembang.

 

Jenis-jenis Merchandise dan Contohnya

 

1. Produk Sehari-hari

produk sehari-hariPulpen adalah salah satu contoh produk sehari-hari yang biasa ada dalam merchandise. Gunakan pulpen yang berkualitas dan tahan lama. | Kredit: Studiokado

Jenis merchandise sehari-hari sering dipakai untuk menunjang kebutuhan seperti bekerja dan belajar. Salah satu contohnya yakni pulpen yang seringkali dijumpai di souvenir perusahaan. Selain menulis, pulpen juga digunakan sebagai media promosi karena adanya logo perusahaan.

Gelas atau mug juga biasa digunakan sebagai salah satu pilihan yang sering dijumpai untuk mempromosikan merek atau perusahaan. Selain itu, item ini juga terjangkau untuk dijadikan souvenir. Contoh lain yang tidak kalah berguna yakni jam dinding karena biasa dipasang di dinding rumah sehingga dilihat banyak orang.

Produk sehari-hari juga termasuk produk rumah tangga yang menunjang kebutuhan masak dan makan seperti peralatan masak. Banyak perusahaan yang menjadikan gelas, piring, dan mug sebagai souvenir di acara seminar, pertemuan atau sejenisnya. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada penerima dalam mengadakan suatu kegiatan tertentu.

 

2. Produk Fashion

Produk FashionKaos bisa menjadi salah satu isi merchandise yang bisa terpakai baik oleh pria atau wanita. Pilih jenis kaos yang bahannya sejuk, ya! | Kredit: Studiokado

Produk fashion ialah perlengkapan yang dapat menunjang penampilan penggunanya. Produk ini juga biasa digunakan sebagai merchandise yang paling diminati oleh orang dewasa. Salah satunya yakni kaos yang dapat dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Selain itu, kaos juga dapat mempercantik penggunanya dengan model dan desainnya yang unik.

Tidak hanya kaos, jaket juga salah satu contoh produk fashion yang dijadikan sebagai merchandise. Dengan begitu, penerima dapat memakainya untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Hal inilah yang bisa menjadi media promosi efektif sehingga banyak perusahaan yang menggunakannya sebagai souvenir.

Perusahaan bisa memilih produk fashion sesuai tujuan kegiatan atau penerima. Contohnya, kegiatan di luar ruangan pada siang hari yang membutuhkan topi untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari. Dalam menunjang penampilan, sebaiknya desain topi yang menarik dengan slogan atau ciri khas perusahaan.

 

3. Produk Aksesoris

produk AksesorisSleep kit bisa menjadi salah satu inspirasi merchandise yang menarik dan juga akan memberikan kesan istimewa. | Kredit: Studiokado

Jenis merchandise produk aksesoris biasanya berupa barang-barang printilan unik yang terkesan berbeda agar tampak menarik seperti ukiran, sticker, gantungan kunci, pin, piring pajangan dan sejenisnya. Gantungan kunci karet biasa menjadi pilihan tepat untuk mencantumkan gambar sesuai keinginan seperti logo perusahaan atau acara.

Selain biayanya yang terjangkau, gantungan kunci juga tahan lama dan awet digunakan. Terarium tanaman juga bisa menjadi pilihan merchandise yang bagus karena dekorasi ini cocok dipajang dimanapun. Sehingga, sering dijadikan sebagai pilihan souvenir yang cantik dan menarik.

Produk gelang atau wristband juga bisa dijadikan sebagai merchandise untuk promosi produk atau merek. Dengan begitu, anda memperoleh cara visual yang menarik untuk dipakai oleh penerima. Perlu diketahui bahwa rubberband berbentuk lebar dan pipih yang terbuat dari karet sehingga dapat meregang dengan baik pada pergelangan tangan dan nyaman dipakai.

 

4. Merchandise Perusahaan

merchandise PerusahaanBerikan logo perusahaan di merchandisenya agar bisa sekaligus menjadi ajang promosi. | Kredit: Studiokado

Selain kebutuhan, merchandise juga dapat dikategorikan sesuai acara. Salah satunya yakni merchandise perusahaan yang mampu meningkatkan kinerja karyawan suatu perusahaan. Corporate gift ini biasanya diberikan kepada karyawan di suatu acara perusahaan dan item dilengkapi logo perusahaan.

 

5. Merchandise Pernikahan

Merchandise PernikahanCantumkan nama kedua pasangan mempelai agar merchandise lebih memorable | Kredit: Studiokado

Selain perusahaan, merchandise juga dapat digunakan sebagai cidera mata bagi tamu pernikahan dalam bentuk souvenir yang berkesan. Contohnya, dompet kecil, gantungan kunci, mug, tumblr custom dan sejenisnya. Berbeda dengan merch perusahaan, merch pernikahan dicantumkan dengan nama kedua pasangan mempelai.

 

6. Merchandise Seminar

Merchandise SeminarMerchandise jenis ini biasanya dilengkapi dengan slogan atau nama acara. | Kredit: Studiokado

Acara seminar semakin menarik jika pesertanya diberikan merchandise barang custom seperti kaos, jaket, topi, pulpen, dan lainnya sebagai bentuk pengingat momen saat menghadirinya. Selain logo instansi atau perusahaan, merch biasanya dilengkapi dengan slogan atau nama acara. Item yang diberikan juga sesuai dengan tema acara seperti lingkungan hidup dengan merch berupa sendok organik.

 

7. Merchandise Wisuda

merchandise wisudaMerchandise jenis ini biasanya berupa piagam atau gift custom untuk penerimanya. | Kredit: Studiokado

Selain sebagai kenang-kenangan, merch wisuda juga berfungsi sebagai apresiasi baik dari perguruan tinggi kepada wisudawannya yang telah berhasil menempuh pendidikan. Biasanya, merch berupa piagam, plakat atau gift custom khusus seperti mug berlogo universitas.

 

8. Merchandise Promosi

Tidak hanya cinderamata, merch juga berperan penting untuk mempromosikan suatu brand dalam perusahaan. Sehingga, perusahaan juga sering membagikan merch kepada masyarakat serta brand agar tertarik dengan produk atau jasa yang tengah ditawarkan. Jenis itemnya pun juga sama seperti merch pada umumnya seperti tumblr, kaos, gelang dan sejenisnya.

 

9. Merchandise Reuni

Acara reuni ialah salah satu acara spesial untuk bertemu dan bernostalgia kembali bersama teman sekolah. Maka dari itu, acara perlu diselenggarakan sebaik mungkin agar siapapun yang hadir merasakan momen berkesan ini. Pada umumnya, acara reuni menyediakan merchandise berupa jaket angkatan, topi angkatan, gantungan kunci angkatan dan lainnya.

Itulah beberapa jenis merchandise yang biasa digunakan sebagai souvenir atau buah tangan bagi peserta atau panitia acara seperti seminar atau gathering. Setiap item memang memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan kenangan saat mengikuti suatu acara. Selain itu, item merchandise kantor juga bermanfaat bagi perusahaan atau instansi sebagai media promosi atau branding produknya.

 

Baca Juga : 

KORTE - Berau Dark 70%

An exotic dark chocolate to add to your gift!

AT HOME - Blue

Stay at Home Kit for your friends and loved ones

Cherry Blossom Tea

A taste of Japan is more than just a cup of Matcha, give this Cherry Blossom a t...