PR package adalah salah satu strategi pertumbuhan terbaik untuk bisnis apa pun | Kredit: Amina Filkins dari Pexels
Seperti yang kita semua tahu, PR package adalah salah satu strategi pertumbuhan terbaik yang dapat dilakukan oleh bisnis mana pun. Public Relation (PR) atau hubungan masyarakat sejak dulu selalu memainkan peran utama dalam membantu perusahaan berkembang dari waktu ke waktu melalui persuasi pelanggan dan klien agar mereka membeli produk yang kamu tawarkan, mempromosikan merek, atau bahkan ikut mendukung kampanye yang kamu buat. Memanfaatkan hal tersebut secara maksimal bisa menjadi tugas yang berat, tapi terkadang acara khusus, seperti Tahun Baru Imlek, dapat membantu kamu memutuskan bagaimana kamu akan membuat PR package perusahaanmu untuk mempersuasi orang sebanyak mungkin. Di sini, kita akan berbicara tentang bagaimana caranya kamu dapat memanfaatkan momen Tahun Baru Imlek untuk membuat salah satu PR package terbaik yang pernah kamu buat!
Tujuan Umum PR Package
Umumnya, PR package dibuat untuk mempengaruhi pelanggan dan klien untuk mencapai tujuan tertentu | Kredit: Studiokado
Sasaran strategi PR package dari perusahaan satu ke perusahaan lainnya bisa sangat berbeda, tetapi umumnya, strategi PR package bertujuan untuk mempengaruhi pelanggan dan klien kamu untuk mendukung tujuan spesifik dari perusahaan (seperti menargetkan pasar bisnis tertentu, mencoba membangun loyalitas pelanggan, atau menjalankan kampanye) melalui influencer dengan mengirimkan paket yang telah disepakati sebelumnya. Influencer ini akan membuat ulasan asli secara personal dari paket tersebut untuk audiens mereka, menggerakkan brand awareness dan penjualan untuk perusahaan kamu. Strategi PR package biasanya hemat biaya dan memiliki risiko minim dibandingkan dengan strategi pemasaran lainnya, seperti diversifikasi, karena investasi kamu terletak pada pembuatan PR package yang disesuaikan dengan influencer tersebut, tidak seperti diversifikasi di mana kamu perlu membuat produk baru untuk dijual.
Memanfaatkan PR package Saat Tahun Baru Imlek
Membuat PR package yang sempurna untuk audiens, influencer, serta sesuai dengan tema adalah kunci untuk membuat PR package yang baik | Kredit: Studiokado
1. Tentukan tujuan kamu
Untuk mengetahui apakah PR package akan berhasil, kamu pasti membutuhkan tujuan pencapaian yang jelas dan kemudian membandingkan hasilnya dengan tujuan tersebut. Baik itu yang menargetkan pasar bisnis tertentu, mencoba membangun loyalitas pelanggan, atau menjalankan kampanye, kamu tidak boleh melupakan alasan awal mengapa kamu mengirimkan PR package Tahun Baru Imlek.
2. Pilih audiens dan influencer yang tepat
Biasanya, PR package dibuat sesuai dengan tipe audiens dan influencer yang ingin kamu ajak kerja sama, mengingat jika kamu memilih tipe audiens yang salah maka hasil yang diberikan pun tidak akan sesuai dengan yang kamu inginkan, selain itu memilih influencer yang salah juga tidak akan dapat menjangkau target perusahaan. Kamu perlu meluangkan waktumu untuk menyelesaikan langkah ini!
3. Melakukan negosiasi dengan influencer
Langkah yang tepat untuk berbicara dengan influencer yang akan kamu kirimi paket terlebih dahulu | Kredit: Julia Volk dari Pexels
Langkah yang tepat adalah menghubungi influencer terlebih dahulu dan bicarakan mengenai PR package yang akan kamu kirimkan kepada mereka. Jujur tentang niat kamu adalah tahap yang tepat, apakah tujuan kamu untuk mempromosikan kampanye atau hanya untuk membangun hubungan dengan influencer tersebut. Tahap ini juga bisa menjadi kesempatan bagi kamu untuk berdiskusi tentang preferensi mereka mengenai produk dan bisa digunakan sebagai referensi dalam membuat PR package sekaligus mencoba untuk mencocokkan preferensi mereka dengan Tahun Baru Imlek.
4. Buat PR package-mu bertema Tahun Baru Imlek
Selain mempertimbangkan jenis audiens dan influencer yang ingin kamu ajak kerja sama, kamu juga harus mempertimbangkan tema yang akan digunakan, yaitu Tahun Baru Imlek. Ini berarti saat membuat paket untuk influencer, sebaiknya masukkan produk yang sesuai dengan tema.
Lantas, apa saja hal-hal yang berhubungan dengan Tahun Baru Imlek? Sebagai salah satu hari penting di Cina yang menandakan bahwa musim semi akan tiba dan mulainya tahun baru menurut kalender bulan Cina. Secara historis, hari itu juga termasuk hari libur Cina yang bertujuan untuk memberikan waktu rehat bagi para pekerja di seluruh Cina dari pekerjaan mereka. Maka dari itu, produk yang berhubungan dengan budaya Cina, seperti teh atau mug berukir, akan sangat cocok. Pilihan lainnya adalah membuat PR package dengan melibatkan hal-hal yang berhubungan dengan musim semi, seperti buah-buahan dan pakaian tebal. Jangan lupa, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah barang-barang tersebut akan membuat influencer yang bekerja dengan kamu mudah dalam membuat narasi yang cukup persuasif untuk target audiens perusahaan dan membantu kamu mencapai tujuan.
6. Kirimkan paket dan pantau hasilnya
Terakhir, kamu harus memastikan bahwa influencer tersebut mendapatkan paket mereka dan pantaulah impresi yang mereka berikan kepada audiens mereka. Bandingkan ini dengan target tujuan kamu untuk mengetahui apakah PR package Tahun Baru Imlek yang kamu kirimkan berhasil atau tidak.
Kami harap penjelasan singkat tentang penggunaan PR package di Tahun Baru Imlek ini dapat membantu kamu mencapai tujuan dan ikut menyukseskan pemberian PR package Tahun Baru Imlek kamu. Jika kamu ingin dibantu, kenapa tidak coba membuat corporate hampers kustom dengan kami?
TUZI - Chinese New Year Hampers
Wish your friends, colleagues and loved ones a happy Chinese New Year 2023!
AMUR - Chinese New Year Hampers 2022
Wish your friends, colleagues and loved ones a happy Chinese New Year 2022!
USAGI - Chinese New Year Hampers
Wish your friends, colleagues and loved ones a happy Chinese New Year 2023!