Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Hari Raya Idul Fitri Berlangsung

Lantas, apa kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya Idul Fitri supaya lebih berkesan? Cek di sini!

Hari raya Idul Fitri merupakan hari yang spesial untuk umat Muslim. Pasalnya Idul Fitri bisa dibilang sebagai puncak dari seluruh rangkaian proses ibadah selama bulan Ramadhan. Setelah puasa selama sebulan penuh, umat Muslim akan merayakan Idul Fitri dengan rasa syukur dan penuh kegembiraan. Lantas, apa kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya Idul Fitri supaya lebih berkesan?

Tidak hanya melaksanakan sholat Idul Fitri, ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan saat lebaran tiba. Sebelum hari raya datang, sebaiknya mulai pikirkan dari sekarang supaya anda bisa bersiap. Berikut beberapa ide kegiatan yang dapat dipertimbangkan selama lebaran berlangsung.

 

Kegiatan yang Dilakukan Selama Lebaran

 

1. Silaturahmi dan Bermaaf-Maafan

 Silaturahmi dan Bermaaf-MaafanTradisi khas lebaran yang biasa dilakukan setelah ibadah shalat ied yang sangat baik dilakukan kepada keluarga dan tetangga atau saudara. | Kredit: Freepik

Bermaaf-maafan merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Indonesia dari zaman para leluhur. Ulama mengajarkan tradisi yang sangat indah ini untuk menunjukkan bahwa seseorang telah benar-benar berhasil puasanya. Meski tidak ada tuntutan untuk saling bermaafan di hari raya Idul Fitri, kegiatan ini sangat baik dilakukan.

Anda bisa sekaligus silaturahmi dengan orang-orang yang sebelumnya sudah jarang diajak berbicara. Misalnya silaturahmi dan bermaaf-maafan dengan keluarga jauh, teman, rekan di kantor, maupun tetangga kiri maupun kanan rumah. Jika tidak dapat menemuinya secara langsung, anda bisa memanfaatkan teknologi dengan cara melakukan panggilan suara atau video.

 

2. Memberi Sedekah

memberi sedekahSedekah kepada anak kecil adalah salah satu bentuk sedekah yang biasa dilakukan dari orang yang lebih tua. | Kredit: iStock

Hari raya Idul Fitri adalah hari yang penuh kebaikan. Jadi ini dapat menjadi saat yang tepat untuk saling memberi kepada sesama manusia. Selain zakat fitrah yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim sebagai wujud rasa syukur atas nikmat berpuasa, anda dapat memberikan sedekah di luar itu.

Sedekah yang diberikan pun bisa bermacam-macam dan tidak harus sebelum sholat idul fitri. Bisa berupa makanan, pakaian, atau bahkan dalam bentuk uang yang dapat dimanfaatkan oleh sang penerima.

Tidak perlu jauh-jauh, anda bahkan dapat memberi sedekah kepada saudara sendiri. Karena pada dasarnya sedekah sah diberikan kepada siapa saja. Yang terpenting adalah niat, pastikan untuk niat sedekah karena Allah SWT, dan bukan karena ingin dipandang di hadapan orang lain maupun mengharapkan imbalan tertentu.

 

3. Berkunjung ke Makam Keluarga

Berkunjung ke Makam Keluarga

Di hari lebaran, banyak orang pergi berkunjung ke makam untuk mendoakan keluarga atau saudara yang telah tiada. | Kredit: Detik

Kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya Idul Fitri lainnya yaitu berkunjung ke makam keluarga. Di beberapa daerah, sudah menjadi hal yang lumrah untuk melakukan ziarah ke makam keluarga saat lebaran tiba. Ini dilakukan sebagai bentuk memberikan penghormatan pada orang yang telah meninggal dunia.

Apalagi hari raya Idul Fitri adalah hari yang suci, disebut-sebut waktu yang mustajab untuk berdoa. Sehingga banyak orang pergi berkunjung ke makam untuk mendoakan keluarga atau kerabat mereka yang telah tiada.

 

4. Makan-Makan

Makan-Makan

Makanan khas lebaran biasanya sudah terhidang di meja makan di setiap rumah untuk siap disantap bersama-sama. | Kredit: Pinterest

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika hidangan seperti opor ayam, rendang, dan ketupat adalah makanan khas hari raya. Makan berbagai hidangan tersebut memang telah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak lama. Jadi kegiatan makan-makan bersama keluarga besar dapat menjadi aktivitas yang bisa anda lakukan selama lebaran berlangsung.

Selain makanan berat, biasanya orang-orang juga akan menyediakan kue kering untuk disajikan di atas meja. Adapun kue kering yang khas hari raya Idul Fitri antara lain nastar, kastengel, putri salju, lidah kucing, sampai kue kacang. Meskipun tidak wajib menyajikan kue-kue ini, namun tidak ada salahnya dipertimbangkan.

 

5. Mendekorasi Rumah

dekorasi rumahDekorasi rumah saat hari raya bisa meningkatkan kehangatan suasana  lebaran di rumah, mulai dari dekorasi sederhana hingga penuh aksen cantik. | Kredit: Pinterest

Mendekorasi rumah juga dapat menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya Idul Fitri. Tujuannya yaitu untuk memeriahkan semarak lebaran. Menjelang hari raya biasanya ada banyak dekorasi khas lebaran yang dijual di berbagai toko. Anda bisa membelinya dan menghias rumah di pagi hari sebelum atau sesudah sholat Idul Fitri.

Mulai dari menggantung hiasan ketupat di ruang tamu, mendekorasi meja dengan taplak untuk acara-acara khusus, mengganti sarung bantal sofa, menata peralatan makan spesial, menambahkan bunga segar sebagai aksen cantik, dan lain-lain.

 

6. Open House

Open HouseOpen house menjadi salah satu bentuk silaturahmi kepada tetangga dengan mempersilakan tetangga makan-makan di rumah.. | Kredit: InfoPublik

Sudah menyediakan banyak makanan kering dan mendekorasi rumah, tidak ada salahnya untuk mengundang tetangga sekitar dengan open house. Ini bisa menjadi pilihan kegiatan yang menarik saat lebaran di rumah. Dengan begitu, anda bisa sekaligus mempererat tali silaturahmi melalui momen tersebut.

Jika perlu, siapkan uang untuk dibagikan kepada anak-anak tetangga sesuai dengan tradisi masyarakat Indonesia. Masukkan uang ke dalam amplop lucu dengan desain khas lebaran agar terlihat semakin menarik. Bisa juga dikemas bersama dengan kue kering supaya terlihat lebih spesial.

 

7. Menonton Film Islami

Menonton Film Islami

Untuk mengisi luang setelah silaturahmi dan makan-makan, menonton film atau tayangan TV bersama keluarga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan | Kredit: iStock

Kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya Idul Fitri lainnya yakni menonton film Islami bersama dengan keluarga. Kegiatan ini bisa dicoba untuk mengisi waktu luang di penghujung hari. Setelah sholat Idul Fitri, saling bermaafan, makan-makan, anda dan keluarga dapat berkumpul untuk menonton film bersama-sama.

 

8. Bermain Game

Bermain Game

Anda bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk mencoba berbagai permainan bersama. | Kredit: Pexels

Karena lebaran adalah momen saat keluarga berkumpul bersama, maka tidak ada salahnya untuk bermain game. Jika sudah luang, anda bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk mencoba berbagai permainan. Bisa dengan menyiapkan permainan tradisional, board game seperti monopoli, ataupun game di smartphone.

Saat ini sudah ada banyak game multiplayer yang tersedia secara gratis dan dapat dimainkan bersama. Bermain game dengan banyak orang akan menyulap suasana yang membosankan menjadi lebih hangat. Pastikan mencari game yang dapat dimainkan oleh semua kalangan usia, agar semua anggota keluarga dapat ikut bergabung.

Itu dia sejumlah kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya Idul Fitri berlangsung. Selain beberapa poin di atas, sebenarnya ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk membuat lebaran semakin meriah. Asalkan bersama dengan keluarga tercinta, pastinya setiap kegiatan yang dilakukan akan semakin menyenangkan. Setuju?

Setelah mengetahui rekomendasi kegiatan yang bisa dilakukan saat hari raya berlangsung, jangan lupa untuk tetap menjalin hubungan silaturahmi dengan kerabat yang berjarak jauh dari rumah  dengan memberikan hampers lebaran yang eksklusif, sehingga momen lebaran tetap terasa hingga ke kerabat atau keluarga meskipun terpisah dengan jarak yang jauh.

 

Baca Juga : 

Rose Soap - White

Feel-good and look-good rose soap for your aesthetic loving-friend.

Flower Tea - Jasmine

Indulge in a glass of health-uplifting Jasmine Tea

Mini Album

show off your 3 best memories that are worth sharing!