Tips Persiapan Menjelang Lebaran yang Harus Dilakukan

Berikut beberapa tips persiapan menjelang lebaran yang perlu anda lakukan sebelum puasa berakhir.

Setelah menjalankan puasa selama sebulan penuh, umat Muslim akan merayakan lebaran Idul Fitri sebagai waktu sukacita dan penuh berkah. Tentunya ada beberapa tips persiapan menjelang lebaran yang perlu anda lakukan sebelum puasa berakhir.

 

Pasalnya hari raya Idul Fitri menjadi momentum atas kemenangan umat Islam, yang sudah menahan diri dari segala nafsu selama satu bulan berpuasa. Lantas, apa saja yang harus dilakukan sebagai persiapan untuk lebaran Idul Fitri? Yuk simak selengkapnya berikut.

 

Persiapan Menjelang Lebaran

 

1. Menunaikan Zakat Fitrah

zakat fitrahZakat fitrah sebagai salah satu kewajiban umat muslim tentu tidak boleh terlewatkan, persiapkan lebih awal agar tidak terlambat membayar zakat fitrah. | Kredit : Shutterstock

Zakat fitrah merupakan zakat yang diwajibkan atas setiap umat Muslim, yang dilakukan pada bulan Ramadhan. Waktu terbaik untuk mengeluarkan zakat fitrah ini yaitu pada 1 Syawal setelah sholat subuh, sebelum melangsungkan sholat Idul Fitri. Namun anda juga bisa membayarkan zakat fitrah lebih awal, intinya sebelum sholat Idul Fitri berlangsung.

 

Biasanya, sudah ada pengelola masjid yang akan membantu menerima dan menyalurkan zakat fitrah. Saat ini anda bahkan dapat menunaikan zakat dengan mudah secara online melalui BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). Adapun besaran zakat fitrah ini yaitu 2,5 kg atau 3,5 liter makanan pokok, bisa juga uang tunai yang harganya setara.

 

2. Kue dan THR

Kue dan THRKue-kue biasanya sudah disiapkan menjelang lebaran untuk dihidangkan di meja ruang tamu. Jangan lupa amplop THR untuk sanak saudara yang berusia lebih muda. | Kredit: Shutterstock

Masih berhubungan dengan keuangan, tips persiapan menjelang lebaran berikutnya yaitu terkait kue dan THR (Tunjangan Hari Raya). Karena hari raya Idul Fitri pasti terasa tidak lengkap tanpa dua unsur tersebut. Biasanya di meja ruang tamu akan ditata berbagai macam kue kering seperti nastar, kastengel, kue putri salju, kue kacang, dan lain sebagainya.

 

Anda bisa membeli kue kering yang sudah dijual dalam toples ataupun membuatnya sendiri. Sementara THR menjadi salah satu tradisi yang sudah umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Mereka yang sudah bekerja biasanya akan memberi THR kepada saudara-saudara yang lebih muda.

 

Seiring perkembangan zaman, amplop untuk THR semakin bervariasi. Selain uang, anda bisa memasukkan camilan di dalamnya supaya terlihat unik. Jadi sebaiknya persiapkan THR ini dari jauh-jauh hari sebelum lebaran, untuk jumlahnya bisa disesuaikan dengan budget masing-masing.

 

3. Baju Lebaran

Baju Lebaran

Baju lebaran biasanya memiliki motif dan model khas untuk hari raya, bisa juga dipakai sembari pergi sembahyang untuk menunaikan shalat ied. | Kredit : Shutterstock

Menggunakan baju baru memang tidak wajib saat lebaran. Tapi sudah menjadi hal  yang sangat lazim, bahwa masyarakat akan membeli baju baru untuk menyambut hari spesial seperti Idul Fitri. Bahkan menjelang hari raya, seringkali ada diskon besar-besaran untuk berbagai item fashion.

 

Jika tidak ingin berdesakan di toko, anda juga dapat membeli baju lebaran secara online yang lebih praktis. Bahkan banyak pula keluarga yang melakukan tips persiapan menjelang lebaran dengan menjahit pakaian. Sehingga bisa menggunakan seragam lebaran untuk satu keluarga besar.

 

4. Membersihkan Rumah

membersihkan rumahDengan rumah yang bersih dan rapi, maka akan memberikan suasana yang lebih nyaman ketika berkumpul di hari lebaran. | Kredit : Shutterstock.

Lebaran adalah momen untuk berkumpul bersama keluarga, bahkan silaturahmi dengan tetangga maupun teman. Orang yang sedang pergi merantau pun biasanya akan pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga. Oleh karena itu, kondisi rumah tentunya harus dalam keadaan bersih.

 

Dengan rumah yang bersih dan rapi, maka akan memberikan suasana yang lebih nyaman ketika berkumpul di hari lebaran. Mulai dari menyapu, mengepel, membersihkan jendela, mengganti taplak meja, hingga mengubah letak posisi beberapa barang di rumah jika dirasa perlu. Sehingga suasana rumah menjadi tampak fresh dan baru, siap menyambut tamu yang datang.

 

5. Mengirim Hampers

Mengirim HampersBingkisan hampers biasa dikirim seminggu sebelum lebaran, kini tersedia banyak pilihan pengiriman sehingga memberikan hampers jadi lebih mudah. Kredit : Studiokado

Tips persiapan menjelang lebaran yang perlu dilakukan berikutnya yaitu mengirim hampers. Sebenarnya hal ini juga tidak wajib, namun banyak masyarakat yang melakukannya. Biasanya hampers diberikan kepada orang terdekat atau orang yang dihormati. Tujuan dari memberikan bingkisan tersebut tidak lain yaitu untuk mempererat tali silaturahmi.

 

Ide hampers saat ini beragam, anda bisa mengisinya dengan peralatan ibadah, kue kering, dan lain sebagainya yang bisa dipilih sesuai selera. Kemudian bingkisan bisa dikirim menggunakan jasa pengiriman atau dengan mengunjungi orang tersebut secara langsung. Secara umum, hampers dikirim H-7 sebelum hari raya.

Baca Juga : Contoh Ucapan Hampers Lebaran untuk Sahabat atau Saudara

 

6. Memasak Masakan Spesial Lebaran

memasak untuk lebaranSegera persiapkan bahan makanan menjelang lebaran karena biasanya harga bahan makanan akan semakin langka dan mahal. Kredit : Masak Apa Hari Ini

Selain kue kering, ada masakan yang wajib dinikmati saat lebaran. Meski anda bisa membuat masakan ini kapan saja, namun rasanya akan lebih spesial apabila dinikmati di hari raya bersama dengan keluarga. Adapun masakan khas hari raya yaitu opor ayam, ketupat, semur ayam, rendang, dan lain-lain.

 

Bahan masakannya tentu tidak bisa dibeli di hari H. Apalagi kebanyakan toko dan pasar tutup pada pagi hari lebaran Idul Fitri. Oleh karena itu, anda perlu berburu bahan makanan seperti ayam dan daging sapi sebelum lebaran.

 

7. Biaya Mudik

biaya mudikKalau bisa, segera beli tiket mudik sejak sebelum puasa karena jika dibeli saat menjelang lebaran pasti akan semakin sulit didapatkan. | Kredit : Indozone

Bagi anda yang sedang merantau karena bekerja atau melanjutkan pendidikan, hal yang perlu dipersiapkan sebelum lebaran adalah biaya mudik. Biaya mudik mendekati hari raya Idul Fitri bisa sangat besar, jadi harus disiapkan dari jauh hari.

 

Apalagi biasanya harus rebutan tiket pesawat, kereta, atau bus. Bahkan seringkali tiketnya sudah habis terjual sebelum puasa Ramadhan dimulai. Maka dari itu, anda perlu mengalokasikan dana untuk biaya mudik secepatnya.

 

Sudah mulai melakukan tips persiapan menjelang lebaran di atas? Yuk mulai atur kapan persiapan tersebut perlu anda terapkan. Dengan begitu, lebaran tahun ini akan menjadi lebih spesial saat berkumpul bersama orang-orang tersayang.

 

Jangan lupa untuk sambut berkah idul fitri dengan hampers lebaran spesial dari Studiokado! Hadiahkan kesejukan dan kelembutan momen bersama orang-orang terkasih. Temukan pilihan hampers yang tepat untuk meriahkan hari yang fitri ini di koleksi hampers lebaran Studiokado!

 

Baca Juga : Hampers  Sejarah, Definisi, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

 

Mooncake Hampers & Mid Autumn Festival Hampers 2022

Delicious Mooncake Hampers for the upcoming festive season

ROUGE | Valentine's Day Gift for Her

Roses are Red and so is our Rouge Gift Box that she will fully appreciate

For Him

Elegant black themed Gift Box for Him