Untuk bisa mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis ataupun karir, tentu ada sesuatu yang perlu dipelajari dan dilakukan. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkan kesuksesan tersebut yaitu dengan memiliki relasi yang baik. Membangun relasi ini sangatlah perlu dilakukan. Namun sebelumnya, Kamu harus mengetahui pengertian, manfaat dan cara membangun relasi yang baik.
Membangun relasi ini dianggap sangat penting karena setiap orang tentu saling membutuhkan dan tidak bisa menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan secara individu. Dibutuhkan kerjasama yang baik antara satu orang dengan orang lainnya. Itulah mengapa memiliki relasi seluas-luasnya sangat dianjurkan jika Kamu ingin mendapatkan karir dan bisnis yang sukses!
Pengertian Relasi
Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat dan juga cara yang bisa dilakukan untuk membangun relasi, Kamu perlu memahami apa itu relasi. Jika mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, Relasi ini dimaknai sebagai suatu hubungan, pertalian, perkenalan, perhubungan, dan pelanggan. Lalu bagaimana dalam dunia karir dan bisnis?
Relasi dimaknai sebagai suatu hubungan atau koneksi yang terjadi antara individu dengan entitas yang saling terlibat dalam lingkungan kerja. Relasi ini dapat terjadi antara individu dengan rekan kerja yang ada di suatu perusahaan. Selain itu, bisa juga hubungan antara perusahaan dengan mitra bisnis atau perusahaan dengan pelanggan.
Relasi ini memang dianggap sangat penting untuk bisa membantu membangun jaringan yang kuat. Selain itu, relasi juga mempu meningkatkan kolaborasi dan juga memberikan dukungan terhadap pertukaran informasi secara efektif. Relasi ini juga akan memberikan pengaruh terhadap kreativitas, produktivitas dan juga kepuasan kerja di perusahaan.
Manfaat Membangun Relasi yang Baik
1. Sering Mendiskusikan Banyak Hal
Membangun relasi yang baik ini tentu membuat wawasan Kamu menjadi lebih luas. Kamu bisa mendiskusikan banyak hal mulai dari pekerjaan dan sebagainya. Sebagai contoh sederhananya, Kamu bisa menanyakan tentang tugas atau pekerjaan yang telah diselesaikan apakah sudah sesuai dan bisa diterima oleh semua orang. Hal ini bisa dilakukan sebagai cara membangun relasi yang baik.
Pendapat seseorang tentunya akan memberikan sudut pandang yang berbeda. Dengan begitu maka Kamu akan bisa terus mengembangkan kemampuan dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. Kamu akan mendapatkan jawaban dari setiap kesulitan yang dialami selama bekerja melalui hubungan relasi yang baik ini di lingkungan kerja.
Contoh salah satu manfaat membangun relasi adalah menciptakan komunikasi yang bermanfaat.| Kredit : sandiegobizlaw.com
2. Mendapatkan Banyak Rekomendasi Pekerjaan
Salah satu keuntungan yang bisa diperoleh ketika Kamu memiliki relasi yang baik yaitu mendapatkan informasi tentang pekerjaan akan lebih mudah. Bahkan setelah lulus sekolah atau kulia, Kamu tidak perlu mencari pekerjaan. Justru teman dari berbagai relasi akan bergantian menawarkan sebuah pekerjaan yang sesuai dengan bidang dan keahlian.
Meskipun memiliki banyak teman di suatu perusahaan, perlu diperhatikan bahwa Kamu tetap harus menunjukkan kemampuan dan performa terbaik dalam bekerja. Jangan pernah bermalas-malasan saat bekerja agar tidak memberikan pengaruh yang buruk terhadap teman yang mengajakmu bergabung. Selain itu, perusahaan juga tentunya mencari karyawan yang sesuai dengan kapasitasnya.
3. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi
Bagi kaum introvert, membangun relasi ini tentu sangatlah dibutuhkan untuk bisa mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain. Semakin sering kamu berbicara dengan teman maka akan semakin terlatih kemampuan komunikasinya. Kamu akan lebih leluasa dalam mengekspresikan diri sehingga komunikasi menjadi lebih baik.
Cara Membangun Relasi yang Baik
1. Menawarkan Bantuan
Cara membangun relasi yang baik bisa dilakukan pertama yaitu dengan menawarkan bantuan kepada seseorang yang sedang menghadapi masalah dan membutuhkan pertolongan. Mengajukan bantuan merupakan langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk mulai membangun relasi. Kamu bisa mencoba untuk menawarkan bantuan kepada orang yang membutuhkan.
Selain untuk membangun relasi, memberikan pertolongan ini juga bisa dianggap sebagai jalan untuk kemudahan dalam menjalankan sebuah usaha. Kamu juga akan menerima hal yang sama ketika membutuhkan pertolongan. Sikap ini juga akan mendatangkan apresiasi dan juga membangun hubungan dengan berbagai pihak. Apakah Kamu sudah menerapkan hal ini?
2. Jujur
Sikap berikutnya yang bisa dilakukan untuk bisa menciptakan relasi yang baik yaitu dengan selalu jujur. Sikap satu ini dianggap sebagai modal awal dalam menjalin sebuah hubungan yang baik dengan berbagai pihak terutama yang baru dijumpai. Sikap jujur dan juga apa adanya tentu akan memberikan rasa kepercayaan dan kenyamanan bagi mitra bisnis atau lawan bicara.
Melalui sikap jujur ini mitra akan menjadi lebih terbuka dan transparan. Bisnis akan bisa berjalan tidak hanya dengan sikap ini. Kamu juga perlu memadukan beberapa cara lainnya yang dirasa efektif. Membangun relasi ini bisa dikatakan mudah dan sulit. Namun semua perlu dilakukan dengan penuh kesabaran dan pengertian terhadap lawan bicara.
3. Konsisten Berkomunikasi
Selanjutnya, untuk bisa meningkatkan kemampuan dalam membangun relasi maka dapat dilakukan dengan cara konsisten berkomunikasi. Melalui hal ini, mitra atau lawan bicara akan saling membuka diri. Komunikasi ini juga akan membuat informasi yang disampaikan tidak menyimpan kesalahpahaman antara mitra usaha dan juga menjadi elemen hubungan sehat.
Cara membangun relasi yang baik ini dianggap sangat efektif untuk dilakukan. Kamu juga bisa mendapatkan berbagai jenis informasi dengan lebih mudah dan cepat. Berbagai informasi baik dan negatif yang ada di luaran akan bisa diterima dengan lebih cepat. Dengan begitu maka Kamu akan bisa melakukan perbaikan dengan lebih cepat dan tepat.
Perlu diketahui bahwa membangun relasi ini merupakan suatu keterampilan dasar dalam kehidupan bersosial. Dengan begitu maka semua orang harus pandai dalam menguasainya. Kamu akan bisa mendapatkan perluasan jaringan sosial, menciptakan peluang baru dan juga meraih kesuksesan dalam menjalankan aspek kehidupan.
Studiokado menawarkan hampers dan corporate gift yang elegan dan berkualitas tinggi sebagai solusi ideal untuk menunjukkan apresiasi Anda. Dengan memilih hampers dari Studiokado, Anda tidak hanya memberikan hadiah yang berkesan, tetapi juga menciptakan kesan positif dan meningkatkan relasi serta loyalitas bisnis. Setiap paket dirancang dengan cermat untuk mencerminkan profesionalisme dan perhatian terhadap detail, memastikan bahwa setiap penerima merasa dihargai.
Baca Juga :
Apa Itu PR (Public Relation) Package dan Contohnya untuk Strategi Promosi
Tips Memulai Strategi PR Package untuk Perusahaan
5 Rekomendasi Hampers Perusahaan untuk Berbagai Acara
To Have and To Hold
Wedding gift for your favourite couple!
Slumber
Kick back and relax!
Playful
Cards and Coffee in the morning? why not!