Apa Itu PR Package dan Contohnya untuk Strategi Promosi yang Efektif

Untuk mengetahui apa itu PR package dan contoh strateginya, simak penjelasan di bawah ini.

Pernah dengar kiriman hadiah berupa produk untuk selebgram atau influencer? Hal tersebut merupakan salah satu bagian dari PR package. Pengirimannya sering dijumpai di momen-momen tertentu seperti imlek, hari raya, hari kasih sayang atau acara yang diselenggarakan oleh suatu brand.

Meski tampak sederhana, PR package ternyata memiliki fungsi dan tujuan yang penting untuk promosi agar produk semakin populer. Biasanya, produk ini berisikan rangkaian produk pilihan atau layanan yang ditawarkan brand. Untuk mengetahui apa itu PR package dan contoh strateginya, simak penjelasan di bawah ini.

 

Strategi Promosi dengan PR Package yang Ampuh

 

1. PR Package Bertema

Sebelum membahas lebih dalam, alangkah baiknya untuk mengetahui apa itu PR package terlebih dahulu. PR package merupakan singkatan dari public relation package yang berupa kotak berisikan hadian atau perlengkapan yang dikuasai lalu dikirimkan kepada influencer untuk menciptakan asosiasi brand yang positif sekaligus menghasilkan eksposur brand.

Setelah jenis audiens serta influencer ditentukan, pertimbangkan tema yang hendak digunakan. Contohnya, Hari Raya Idul Fitri dengan membuat paket sesuai influencer. Masukkan produk yang sama seperti paket hampers berupa kue kering, peralatan sholat dan sejenisnya. Hias paket hampers dengan elemen dekorasi yang bertemakan Islami.

 

2. Negosiasi dengan Influencer

Anda bisa memilih influencer yang memiliki audiens sesuai dengan target marketnya. Kemudian, anda bisa menghubungi dan bertanya mengenai PR package yang hendak dikirim. Sampaikan tujuan promosi atau kampanye anda untuk membangun hubungan dengan influencer.

Utarakan bahwa anda berniat mengirimkan hampers. Untuk mencegah tawaran kerjasama berbayar, sampaikan tujuan anda secara natural dan sejelas mungkin. Perlu dicatat bahwa membangun komunikasi sangat penting apalagi untuk mengenalkan produk anda secara organic. Dengan begitu, influencer akan tidak segan menerima promosi anda.

Hal tersebut akan menjadi kesempatan yang bagus untuk mengetahui preferensi mereka mengenai produk. Gunakan sebagai referensi dalam membuat PR package sekaligus cocokkan dengan preferensi merekai. Dengan begitu, anda dapat menarik hati para target audiens.

 

3. Kemasan yang Layak

Pastikan bahwa kemasan promosi layak diunboxing dan dapat menarik perhatian para audiens. Sebab, kegiatan unboxing ini di video untuk diunggah di sosial media influencer sehingga pastikan kemasannya unik dan memiliki ciri khas dari produk lain. Dengan begitu, produk anda semakin terkenal.

Salah satu contohnya yakni memberikan sentuhan khusus pada kemasan yang unik, ramah lingkungan, futuristic dan sejenisnya. Misalnya, kemasan paket hampers terbuat dari karton yang mudah terurai sehingga tidak membahayakan lingkungan sekitar. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi penerimanya. Bahkan, mereka akan membagikan alasannya secara sukarela.

Dalam membuat kemasan, selain nilai estetika, tulisan dan informasi mengenai brand sangat penting diperhatikan. Cermati setiap elemen yang ada seperti logo yang tercetak dengan jelas dan mudah dilihat. Sehingga, package mampu memberikan kesan pertama yang menarik dan memikat banyak pelanggan.

Selain itu, sesuaikan juga unggahan sosial media dari influencer dengan mencantumkan PR package untuk mencerminkan temanya. Dengan begitu, informasi mengenai brand atau usaha anda tersampaikan dengan baik. Pelanggan pun langsung mengenali produk dan brand anda begitu melihat postingan.

 

4. Isi Barang yang Sesuai

Sebelumnya, anda perlu menyesuaikan kemasan dengan dana yang disiapkan. Masukkan barang apa saja ke dalam kemasan sesuai budget and pesan yang ingin disampaikan. Setiap produk memang memiliki nilai tertentu tetapi anda perlu memberikan sentuhan personal agar lebih menarik.

Sangat penting bagi sebuah brand untuk melakukan riset sebanyak-banyaknya mengenai daftar barang sesuai tema sehingga bisa disandingkan dengan produk atau layanan yang anda tawarkan. Tentunya, harga terbaik sangat dibutuhkan. Di saat inilah, berpikir kreatif diperlukan.

 

5. Kirim dan Pantau Hasilnya

Jika semuanya sudah siap, anda bisa mengirimkan paket sesuai alamat yang diminta influencer. Pastikan bahwa influencer memperoleh paket yang masih dalam kondisi bagus. Setelah paket diterima, perhatikan bagaimana ia mengulas kiriman anda. Jangan berharap influencer segera mengunggah kiriman anda begitu diterima.

Sebab, seorang influencer juga memiliki jadwal yang perlu disesuaikan. Selain menunggu, tetaplah bersikap positif. Anda bisa bersikap aktif dengan meminta konfirmasi penerimaan paket, menjawab pertanyaan dari influencer jika diperlukan. Apabila influencer belum mengunggah konten produk, anda perlu menindaklanjutinya.

Namun, jika sudah, anda perlu terlibat dengan postingan yang telah ditayangkan. Beri respons terkait pertanyaan dari audiens mengenai produk atau layanan anda. Ketahui bagaimana impresi yang diberikan dari unggahannya untuk mengukur apakah strategi yang digunakan berhasil atau tidak.

Ulasan kiriman dan pengaruhnya pada bisnis bisa dijadikan sebagai tolak ukur apakah strategi yang digunakan berjalan dengan baik atau sebaliknya. Dengan begitu, anda bisa memperbaikinya kembali dan menerapkan strategi baru. Kiriman PR package pun akan membawa hasil yang optimal bagi bisnis anda.

 

6. Optimalkan Pembuatan Konten

Jika dirasa strategi PR package berdampak, anda bisa terus menerapkannya. Sebenarnya, sebagian besar pemasaran media sosial hanyalah permainan angka. Dengan menampilkan banyak konten mengenai produk sesuai target audiens, akan semakin banyak influencer, selebgram atau konten kreator yang mendukung anda.

Itulah penjelasan mengenai apa itu PR package dan contoh penerapan strateginya yang ampuh. Mulai dari tujuan promosi, target audiens, kemasan, isi, pengiriman, analisis hasil unggahan hingga pengoptimalan konten. Meski tampak mudah, sangat penting untuk mengenali apa saja hal-hal yang perlu disiapkan sebelum hingga sesudah kemasan dikirim agar promosi berjalan dengan baik.

Jika anda membutuhkan vendor untuk membuat PR Package yang bisa di custom dengan kualitas terbaik, hubungi saja Studiokado yang berpengalaman dalam membuat souvenir, merchandise hingga gift box untuk berbagai keperluan.

 

Baca Juga : 

Tips Memulai Strategi PR Package

Cara Memanfaatkan PR Package Di Tahun Baru Imlek

Slumber

Kick back and relax!

East Java & Co - Orange Jam with Javanese Tea - 250g

Delicious natural fruit jam made from local oranges infused with premium Javanes...

Raisin Keychain

Elevate your keys with this custom resin keychain! 5-6 days processing time