Ide Merchandise Unik Sebagai Media Promosi Perusahaan

Pentingnya Pemberian Merchandise sebagai Media Promosi Perusahaan

Merchandise merupakan berbagai macam barang yang dilabeli dengan identitas perusahaan baik itu logo, slogan, maupun profil perusahaan yang dapat digunakan sebagai media promosi dan diberikan kepada konsumen sesaat atau setelah mereka berpartisipasi dalam kegiatan tertentu. Produk ini dapat diberikan secara gratis atau berbayar, tergantung dari tujuan perusahaan. Merchandise dapat berupa berbagai macam barang, biasanya terdiri atas barang yang dapat digunakan sehari-hari dan dalam jangka waktu yang panjang.
 

Pentingnya Pemberian Merchandise sebagai Media Promosi Perusahaan

Brand awareness merupakan hal pokok yang perlu diperhatikan oleh perusahaan manapun, dari bisnis rumahan hingga korporasi besar.

Menggunakan merchandise sebagai media untuk menyebarkan brand awareness
Menggunakan merchandise sebagai media untuk menyebarkan brand awareness | Credit: Kristian Egelund di Unsplash

Merchandise tidak hanya menunjukkan service perusahaan terhadap konsumennya, namun juga berperan sebagai media promosi brand yang dimiliki perusahaan tersebut. Berikut adalah beberapa peran penting pemberian merchandise sebagai media promosi perusahaan kamu:

  1. Apresiasi Perusahaan terhadap Konsumen
    Sering mendengar bahwa manusia memiliki love language yang mereka gunakan untuk menunjukkan rasa sayang satu sama lain? Begitupun dengan perusahaan kamu! Pemberian merchandise menjadi wujud act of love dan ungkapan apresiasi kamu sebagai perusahaan kepada mereka yang telah berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan, baik itu klien ataupun karyawan.
     
  2. Daya Tarik Konsumen
    Freebies! Siapa di dunia ini yang tidak suka diberikan barang gratis secara cuma-cuma? Banyak sekali masyarakat yang tergiur untuk membeli barang atau menggunakan jasa tertentu karena merchandise yang ditawarkan cukup menarik, apalagi jika produk tersebut unik dan jarang dijual di pasaran. Merchandise memiliki daya tarik sendiri untuk masyarakat. Nah, jika kamu berencana untuk launching produk baru atau ingin meningkatkan tingkat penjualan. Mengapa tidak mencoba memberikan free merchandise bersama dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan?
     
  3. Unggul Diantara Persaingan Pasar
    Jika kamu dihadapkan dengan 2 perusahaan yang menjual barang atau jasa yang sama, namun perusahaan A memberikan free merchandise untuk setiap purchase sedangkan perusahaan B tidak. Kira-kira mana yang akan kamu pilih? Sudah pasti perusahaan A! Diantara meningkatnya persaingan pasar, kamu harus bisa membuat perusahaanmu one step ahead dan unggul dibandingkan kompetitor lainnya. Merchandise yang kamu berikan akan menjadi nilai lebih dan memiliki daya tarik bagi konsumen.
     
  4. Media Promosi Jangka Panjang
    Kamu perlu memperhatikan jenis merchandise apa yang kamu pilih sebagai media promosi barang atau jasa yang kamu tawarkan. Merchandise berupa barang keseharian lebih berguna dan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama dibandingkan pamflet atau brosur promosi biasa. Selain itu, karena merchandise perusahaan lebih sering digunakan oleh para konsumen, mereka akan lebih baik dalam mengingat perusahaanmu. Sehingga, tujuan peningkatan brand awareness pun dapat tercapai.

 

Pentingnya Pemberian Merchandise sebagai Media Promosi Perusahaan

Memilih merchandise sebagai media promosi perusahaan perlu diperhatikan dengan baik. Barang-barang keseharian yang unik merupakan pilihan tepat jika kamu mencari jenis merchandise yang mudah diingat dan berguna dalam jangka waktu panjang. Berikut adalah beberapa ide merchandise perusahaan unik yang bisa kamu coba:

 

1. Jaket Eksklusif

Jaket dengan label perusahaan bisa menjadi pilihan merchandise eksklusif
Jaket dengan label perusahaan bisa menjadi pilihan merchandise eksklusif | Credit: The Ride Academy di Unsplash

Perusahaan yang ingin memberikan kesan eksklusif terhadap konsumennya dapat memilih jaket sebagai merchandise. Jaket merupakan salah satu pelengkap outfit yang tidak mudah dilewatkan dan seringkali digunakan oleh masyarakat. Jika ingin membuatnya lebih unik dan one of a kind, kamu bisa menambahkan berbagai macam motif desain custom selain pemberian identitas perusahaan seperti logo, nama perusahaan, dan tagline sebagai upaya menjadikan merchandise tersebut sebagai media promosi perusahaan.

 

2. Kaos dan Topi

Topi dengan desain bordir logo perusahaan sebagai merchandise yang unik
Topi dengan desain bordir logo perusahaan sebagai merchandise yang unik | Credit: WTFast di Unsplash

Selain jaket, kaos dan topi juga merupakan barang yang dapat digunakan sehari-hari. Pilihlah kaos berkerah atau tidak berkerah dan topi yang diberikan motif desain custom dengan teknik sablon atau bordir untuk membuat merchandise perusahaan kamu lebih unik dan berbeda dari yang lain. Merchandise kaos dan topi biasanya diberikan kepada konsumen baik itu klien atau karyawan setelah maupun saat mereka mengikuti kegiatan perusahaan tertentu, atau sebagai bonus hadiah saat para konsumen telah membeli atau menggunakan jasa perusahaan pada jumlah tertentu.

 

3. Gantungan Kunci

Gantungan kunci custom dengan logo perusahaan, memberikan kesan eksklusif namun tetap terjangkau
Gantungan kunci custom dengan logo perusahaan, memberikan kesan eksklusif namun tetap terjangkau | Credit: Mostafa Jamei di Unsplash

Sejauh ini, gantungan kunci cukup sering menjadi pilihan bagi perusahaan, komunitas, atau lembaga apapun dalam membuat merchandise. Selain karena biaya produksi yang tidak begitu besar, dengan pemilihan desain yang unik, gantungan kunci dapat menjadi jenis merchandise yang menarik bagi konsumen. Gantungan kunci juga cukup awet, tidak mudah rusak, tahan lama, dan dapat digunakan sebagai media promosi dalam jangka panjang. Ada banyak jenis gantungan kunci yang bisa kamu pilih, seperti gantungan kunci yang dilengkapi cermin atau bahkan alat pembuka tutup botol, dan jika kamu ingin membuat gantungan yang lebih eksklusif, kamu bisa memilih  gantungan kunci yang dibuat dengan cetakan logo perusahaan.

 

4. Totebag

Totebag dengan merek perusahaan bisa menjadi pilihan sebagai merchandise yang dapat digunakan sehari-hari
Totebag dengan merek perusahaan bisa menjadi pilihan sebagai merchandise yang dapat digunakan sehari-hari | Credit: Alesia Gritcuk di Unsplash

Totebag merupakan tas jinjing dari bahan kanvas, spundbond, blacu, atau lainnya yang sering digunakan perusahaan sebagai merchandise karena jenis barangnya yang kerap digunakan sehari-hari dan memiliki bidang yang luas bagi perusahaan untuk menambahkan atribut dan desain promosi perusahaan. Selain itu, harga produksi totebag juga lebih terjangkau dibandingkan produksi jaket atau kaos sebagai merchandise perusahaan. Untuk menjadikan totebag merchandise perusahaan kamu semakin unik, kamu bisa memanfaatkan pemilihan warna dan desain yang berbeda dari yang lain.

 

5. Mug atau Tumbler

Tumbler yang dapat menjaga suhu minuman dalam waktu yang lama, tambahkan logo atau merk perusahaanmu untuk menjadikannya sebuah merchandise unik
Tumbler yang dapat menjaga suhu minuman dalam waktu yang lama, tambahkan logo atau merk perusahaanmu untuk menjadikannya sebuah merchandise unik | Credit: Taylor Beach di Unsplash

Mug atau Tumbler sering menjadi pilihan merchandise di berbagai macam acara dan kegiatan, mulai dari hari jadi perusahaan, welcome kit bagi karyawan baru, atau bahkan saat acara pernikahan dan ulang tahun. Hal ini disebabkan oleh penggunaan mug atau tumbler yang penting dalam kehidupan sehari-hari dan juga bisa digunakan dalam waktu panjang. Dibandingan dengan mug, tumbler memiliki bidang yang lebih luas untuk ditambahkan desain promosi atau tagline perusahaan. Untuk membuat mug atau tumbler sebagai merchandise yang lebih unik dan tahan lama, kamu bisa memilih mug dengan teknologi penahan suhu minuman dengan kualitas terbaik.

Bagaimana? Tertarik untuk membuat merchandise sebagai media promosi perusahaan? Dalam memilih merchandise perusahaan kamu juga perlu mengenal karakter dan sifat dari konsumen yang kamu tuju. Jika merchandise yang kamu buat diperuntukkan kepada para pekerja, maka kamu bisa memilih totebag, tumbler, dan kaos atau jaket. Namun jika diberikan sebagai bonus pembelian produk atau jasa yang ditawarkan, maka kamu bisa memilih gantungan kunci. 

Kamu juga perlu memperhatikan kualitas dari merchandise yang kamu pilih. Jangan korbankan kualitas merchandise yang lebih buruk demi menekan anggaran. Pilihlah produk yang sesuai dengan budget kamu namun tetap berkualitas, karena kualitas produk juga dapat mempengaruhi nilai perusahaan kamu di mata konsumen. Selain itu, produk dengan kualitas yang optimal juga akan lebih tahan lama dan dapat menjadi media promosi yang efektif dan efisien.

Jika kamu tertarik dalam membuat merchandise perusahaan yang unik dan sesuai dengan nilai-nilai perusahaanmu, silahkan hubungi kami.

Something Blue

A little appreciation goes a long way... :)

Take a Break Mister

A thoughtful gift for the hard-working man

All Black

A finely-curated gift box for the chromatophilia who don't mind the touch of bla...