Jangan Tertukar, ini Perbedaan Souvenir dan Merchandise

Terdapat beberapa ciri yang bisa ditandai dari adanya merchandise dan souvenir. Untuk bisa lebih memahaminya, simak penjelasan berikut ini!

Istilah souvenir dan merchandise seolah memiliki arti yang sama padahal keduanya berbeda. Perbedaan yang paling mencolok sebenarnya bisa dilihat dari makna atau pengertiannya. Namun karena kegiatan atau penerapannya hampir sama jadi membuat banyak orang merasa bingung dan kesulitan dalam membedakannya. 

 

Jika diperhatikan atau diartikan secara lebih mendalam, perbedaannya akan bisa diperhatikan terutama dari segi fungsi dan manfaat yang dirasakan oleh penerima barang. Terdapat beberapa ciri yang bisa ditandai dari adanya merchandise dan souvenir. Untuk bisa lebih memahaminya, maka simak dan perhatikan penjelasan berikut ini!

 

Perbedaan Souvenir dan Merchandise

 

1. Pengertian

Pertama, pengertian dari souvenir yaitu suatu benda yang diperoleh dari kegiatan konsumtif dan dilakukan secara sadar oleh seseorang. Benda tersebut akan diperoleh ketika kamu mendatangi suatu acara atau sedang berada pada lingkungan baru. Sebagai contoh sederhananya, ketika Kamu pergi ke Jogja dan kemudian membeli souvenir yang berbau Jogja sebagai kenang-kenangan.

 

Contoh lain dari souvenir yaitu ketika Kamu sedang mendatangi sebuah konser artis ternama dan kemudian membeli souvenir dari pihak penyelenggara sebagai koleksi pribadi. Hal itulah yang menjadi perbedaan souvenir dan merchandise pertama. Kamu akan segera bisa membedakannya setelah mengetahui pengertian dari merchandise.

 

contoh merchandise perusahaanContoh salah satu merchandise perusahaan yang diberikan dalam rangka event perusahaan untuk peserta event. Biasanya terdapat logo perusahaan. | Kredit: Studiokado.

Merchandise merupakan suatu barang yang diterima secara gratis dari pihak badan usaha atau brand tertentu. Tujuan dari pemberian merchandise ini yaitu sebagai bentuk promosi dari pihak pemilik acara atau suatu usaha. Ketika Kamu sedang menghadiri sebuah seminar dari pembicara ternama dan kemudian di akhir acara diberi buku karya terbarunya maka itulah yang dinamakan merchandise.

Kamu bisa menerima buku tersebut secara gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun. 

 

2. Fungsinya

Jika diperhatikan secara sekilas, souvenir dan merchandise memiliki banyak kesamaan dalam segi fungsi atau manfaat yang diberikan. Kesamaan tersebut umumnya akan lebih terlihat dari kacamata penyelenggara yaitu sebagai bentuk marketing produk. Namun perbedaan souvenir dan merchandise akan terlihat apabila dilihat dari sisi penerimanya.

 

Kamu akan dapat merasakan bahwa souvenir memiliki sifat yang lebih personal dibandingkan dengan merchandise. Souvenir bisa dicari dan dibeli oleh konsumen sesuai dengan keinginannya, sedangkan merchandise diberikan sesuai ketentuan dari penyelenggara. Keterikatan emosi konsumen akan lebih besar ketika mendapatkan souvenir dibandingkan dengan merchandise.

 

Karena hal tersebut, tentu tidak mengherankan jika banyak konsumen yang berlomba mengumpulkan souvenir sebanyak mungkin sesuai dengan keinginan dan kesukaannya. Sebagai contoh sederhananya, kamu menyukai Pulau dewata maka akan berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin souvenir yang berbau Pulau Dewata mulai dari baju, gantungan kunci, dan sebagainya.

 

Secara lebih spesifik, fungsi dari souvenir ini yaitu dijadikan sebagai kenang-kenangan dengan orang lain. Kamu bisa membeli souvenir ini dari berbagai tempat atau kawasan wisata sembari mendukung perekonomian lokal. Sedangkan merchandise memiliki fungsi sebagai kebutuhan promosi, pengenalan instansi, klub olahraga dan sebagainya.

 

Baca Juga : Apa Itu Merchandise, Fungsi dan Jenisnya

 

3. Produk dan Tampilannya

Souvenir dikenal sebagai produk yang praktis dan juga fungsional. Beberapa ciri atau variasi yang bisa ditemukan di dalam souvenir terbagi menjadi 3 hal yaitu desain, aspek budaya dan juga unsur tradisional. Untuk desain, gambar, motif dan juga logo yang digunakan pada souvenir identik dengan tempat atau acara tertentu yang mewakilinya.

 

Selain itu, souvenir juga mencerminkan aspek budaya dan juga warisan seperti contohnya Pekalongan identik dengan batiknya dan Lampung dengan tapisnya. Souvenir ini juga diartikan sebagai benda dengan unsur-unsur tradisional seperti berupa kerajinan tangan, menggunakan bahan-bahan lokal sehingga sangat kental dengan unsur tradisional.

 

Sedangkan merchandise seringkali dijadikan sebagai barang promosi dan juga pemasaran yang identik dengan logo produk perusahaan atau lembaga tertentu. Pemberian logo tersebut dilakukan dengan tujuan untuk bisa membangun kesadaran brand dan juga mengidentifikasi produk sebagai bagian dari suatu brand atau perusahaan tertentu.

 

Wujud dari merchandise ini umumnya bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari seperti dalam bentuk alat tulis, baju, tas, agenda dan tumbler dan sebagainya. Nilai fungsi sangat diutamakan untuk menunjang nilai promosi dan pemasaran. Dalam suatu merchandise umumnya diberi slogan pendukung yang sangat berkaitan dengan brand produk.

 

4. Harga Produk

Perbedaan selanjutnya bisa dilihat dari harga jual produk souvenir dan juga merchandise. Untuk souvenir biasanya dibanderol dengan harga yang bervariasi mulai dari yang murah hingga mahal. Apabila produk souvenir tersebut limited edition maka kemungkinan harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan dengan jenis souvenir yang mudah didapatkan.

 

Kemudian, untuk souvenir juga tidak dilengkapi dengan batasan bentuk dan juga tampilan sehingga setiap daerah memiliki ciri dan nilai budaya tertentu yang berbeda-beda. Itulah yang menjadikan souvenir tidak memiliki batasan atau taksiran dari segi harga. Bahkan tidak menutup kemungkinan terdapat beberapa kolektor yang rela membeli souvenir dengan harga tinggi.

 

Sedangkan merchandise umumnya dibuat dengan jumlah yang sangat terbatas dengan harga jual normal atau bahkan gratis. Itulah perbedaan souvenir dan merchandise yang bisa dipahami dan dipelajari.

 

Seperti yang diketahui bahwa sebenarnya souvenir dan merchandise ini memiliki banyak sekali persamaan dan juga perbedaan. Dengan mengetahui uraian diatas tentunya Kamu sudah bisa benar-benar membedakan antara souvenir dan juga merchandise. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan pernah bingung ataupun salah dalam mengartikan keduannya.

 

Jika kamu sedang membutuhkan souvenir untuk acara perusahaan atau merchandise untuk keperluan korporat, percayakan saja kepada Studiokado yang sudah berpengalaman sebagai vendor penyedia merchandise, custom gift box dan juga hampers untuk berbagai acara.

 

Cek koleksi gift box dari Studiokado dan juga beragam pilihan merchandise kantor yang berkualitas di website Studiokado.co.id ya

 

Baca Juga : Apa Itu Souvenir? Ini Definisi, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

AT HOME - Black

Stay at Home Kit for your friends and loved ones

BELEAF - Bird Eye Chilli

A simple gift for the Plant Parents!

Brew Me Tea - Royal Earl Grey

Exotic tea flavor