Tips Memberikan Souvenir Perusahaan Saat Idul Fitri

Lebaran adalah momen yang baik untuk memberikan hadiah kepada karyawan, klien, dan/atau calon klien

Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk membagikan hadiah | Kredit: Pexels
Idul Fitri adalah momen yang tepat untuk membagikan hadiah | Kredit: Pexels

Idul Fitri atau yang biasa disebut Lebaran di Indonesia sebentar lagi akan tiba! Dianggap sebagai salah satu hari perayaan terbesar dalam Islam dan menandai akhir Ramadhan, ini adalah waktu di mana semua Muslim selama 2 hari penuh merayakan kesanggupan mereka dalam berpuasa sepanjang bulan Ramadhan. Seringkali, Idul Fitri dilalui oleh umat Islam dengan meryakannya bersama kerabat, mengonsumsi banyak makanan, dan menghabiskan waktu berkualitas bersama anggota keluarga. Pada saat-saat seperti ini biasanya perusahaan melakukan corporate gifting dengan memberikan Hampers Lebaran, yaitu kegiatan pemberian barang secara sukarela oleh suatu perusahaan dalam rangka menjalin hubungan dengan karyawan, klien, dan/atau calon klien. Seringkali, perusahaan-perusahaan mengambil kesempatan pada masa ini, karena momen ini bisa menjadi alasan yang baik untuk memberikan hadiah kepada karyawan, klien, dan/atau calon klien untuk mencapai tujuan tertentu; mungkin tujuan mereka adalah untuk membangun atau memperkuat hubungan dengan klien tertentu, meningkatkan moral karyawan, dan banyak hal lainnya.


Namun, memanfaatkan corporate gifting (souvenir perusahaan) untuk mencapai tujuan kamu sebagai perusahaan dengan cara ini lebih sulit dari yang dibayangkan. Ada banyak kendala saat ingin membagikan souvenir perusahaan, seperti respon yang kurang baik atau barang tidak digunakan atau bahkan tidak berguna sama sekali. Untuk mencegah hal itu, berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan peluang keberhasilan kamu saat mengirimkan souvenir perusahaan di Idul Fitri:

 

1. Kirimkan hadiah sesuai momennya

Hadiah yang sesuai akan selalu dihargai oleh orang-orang saat momen Idul Fitri | Kredit: Studiokado
Hadiah yang sesuai akan selalu dihargai oleh orang-orang saat momen Idul Fitri | Kredit: Studiokado

Seperti yang dinyatakan sebelumnya, Idul Fitri selalu menjadi waktu bagi umat Islam di seluruh dunia untuk kembali bertemu dan menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang mereka cintai. Momen ini digunakan mereka untuk mendekatkan diri kembali dengan Tuhan, karena hari itu merupakan hari di mana umat Islam merayakan ‘kemenangan’ mereka; dapat menjalankan puasa sebulan penuh, dan juga mereka dapat menunjukkan rasa bersyukur kepada semua orang atas apa yang telah diterima. Mereka juga akan menghabiskan 2 hari penuh untuk menikmati waktu bersama keluarga dengan makan dan minum, mengingat ada banyak makanan yang disajikan seperti kue nastar dan kurma yang tidak hanya disantap saat Idul Fitri, tapi juga sepanjang Ramadhan. Artinya, menghadiahkan barang-barang sejenis ini, yang biasa dikonsumsi atau digunakan selama Ramadhan dan Idul Fitri, bisa menjadi salah satu pilihan hadiah terbaik untuk diberikan pada momen Lebaran karena tidak hanya akan sangat berguna, penerima hadiah juga akan mengingat siapa yang memberikannya.

 

2. Tulus

Surat fisik selalu dianggap lebih bermakna daripada surat digital | Kredit: Monstera dari Pexels
Surat fisik selalu dianggap lebih bermakna daripada surat digital | Kredit: Monstera dari Pexels

Jika membahas mengenai souvenir perusahaan, barang ini dapat membantu mewujudkan hubungan para perusahaan yang memberikan hadiah, dan dapat menciptakan hubungan positif antara perusahaan tersebut dengan penerima, baik itu karyawan, klien, dan/atau calon klien. Pengertian hadiah secara umum adalah pemberian tanpa mengharapkan keuntungan apapun, tetapi biasanya pemberian souvenir dilakukan oleh perusahaan dan bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Namun, bukan berarti kamu harus memberikan hadiah kepada karyawan, klien, dan/atau calon klien hanya demi mencapai tujuan tertentu, karena hal itu dapat mempengaruhi nilai hadiah yang kamu beri; mereka dapat merasakan jika hadiah hanya diberikan untuk mencapai tujuan perusahaan atau ada ketulusan di balik hadiah tersebut. Jika kamu memberikan souvenir perusahaan dengan maksud untuk menghargai penerimanya, mereka pasti akan ikut menghargai hadiah yang kamu beri.

 

3. Jangan terlalu berharap

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pemberian souvenir dilakukan oleh perusahaan yang ingin mencapai tujuan tertentu dengan memberikan hadiah kepada karyawan, klien, dan/atau calon klien barang yang mungkin mereka sukai. Namun, terkadang hal-hal tidak dapat berjalan sesuai keinginan, tidak peduli berapa banyak persiapan yang telah kamu lakukan. Penting untuk merencanakan bagaimana dan apa yang akan kamu berikan, tapi merupakan hal yang penting juga untuk kamu tidak terlalu berharap bahwa rencana akan berhasil sepanjang waktu.

Kami harap artikel singkat ini dapat membantu kamu dalam memberikan souvenir perusahaan saat Idul Fitri kepada karyawan, klien, dan / atau calon klien perusahaan kamu. Jika kamu membutuhkan bantuan dalam membuat souvenir perusahaan Idul Fitri, jangan ragu untuk menghubungi kami!

 

AILE - Lebaran Hampers 2022

Reconnect with your family and enjoy our large size hampers together

USRA - Lebaran Hampers 2022

Reconnect and give your close loved ones a little appreciation during Ramadan

SEVGI - Lebaran Hampers 2022

Reconnect and give your friends and colleagues a little appreciation during Rama...