Alat Tulis Kantor Apa Saja? Ini Daftar ATK yang Wajib Ada di Kantor

Temukan daftar lengkap alat tulis kantor yang wajib ada di setiap kantor. Dapatkan informasi tentang ATK yang mendukung produktivitas kerja Anda.

Menjelang hari pertama kerja kantor, tentu anda bingung dengan apa saja benda-benda yang sekiranya dibutuhkan seperti ATK. Anda perlu mempelajari apa saja alat tulis kantor untuk dibawa sebelum hari pertama bekerja. Sebab, alat tulis mempengaruhi kinerja dan efisiensi agar produktivitas maksimal.

 

Setiap itemnya mulai dari pensil hingga buku berperan penting dalam operasional seperti menulis, menyusun laporan, notulensi dan masih banyak lagi. Anda perlu menyiapkannya apalagi jika kantor tidak menyediakan barang-barang tersebut. Agar tidak meminjam sesame rekan kerja, anda bisa mempersiapkan alat-alat tulis seperti berikut.

 

Siapkan ATK Kantor yang Wajib Dimiliki

 

1. Pensil

PensilPensil adalah alat tulis kantor yang praktis dan serbaguna, ideal untuk membuat catatan, sketsa, dan perbaikan dengan mudah berkat kemampuannya untuk dihapus. | Kredit: pngtree

Alat tulis pertama yang wajib ada yakni pensil. Meski sudah menerapkan teknologi, tentu ada pekerjaan kecil yang membutuhkan coretan atau catatan dalam tahap perencanaan. Anda bisa memilih pensil 2B untuk membuat sketsa, desain, diagram produk atau tulisan pada kertas polos. Dengan begitu, pensil bisa dipindai atau scan dijadikan file digital.

 

2. Penghapus

PenghapusAlat tulis kantor yang penting, berfungsi untuk mengoreksi kesalahan tulisan dan memberikan kebersihan pada dokumen dengan mudah. | Kredit: Tokopedia

 

Tanpa penghapus, penggunaan pensil akan menjadi sia-sia karena kesalahan penulisan tidak bisa direvisi. Penghapus berperan penting dalam merapikan hasil catatan atau gambaran. Goresan yang salah bisa dihilangkan sehingga kertas kembali menjadi putih tanpa perlu mengganti catatan baru.

 

3. Bolpoin

bolpoinAlat tulis kantor yang handal dan nyaman, memungkinkan penulisan yang lancar dan cepat dengan tinta yang tahan lama. | Kredit: Google

Bolpoin termasuk ATK yang paling sering digunakan karyawan baik di sektor pendidikan maupun bisnis. Pulpen berwarna hitam memudahkan proses pencatatan. Namun, ada juga kantor yang membutuhkan pulpen berwarna lain seperti biru dan merah. Alangkah baiknya jika anda memiliki ketiganya sebagai pilihan alternatif.

 

4. Tipe X

tipe xAlat tulis kantor yang efektif untuk mengoreksi kesalahan penulisan, memberikan hasil yang rapi dan tanpa jejak tinta. | Kredit: Google

Tipe X atau correction tape seperti penghapus bagi bolpoin. Alat ini mampu menghapus tinta pena. Jika salah tulis, anda bisa mengaplikasikan tipe X pada tulisan agar kembali menjadi putih. Anda pun tidak perlu mengganti kertas atau tulisan baru. Pilihan tipe EX juga bermacam-macam seperti tip eX kertas dan cair.

 

5. Spidol

spidolAlat tulis kantor yang serbaguna, ideal untuk menulis, menggambar, atau membuat catatan yang jelas dan mencolok pada berbagai permukaan. | Kredit: Google

Spidol warna-warni berguna untuk menghasilkan catatan menjadi lebih menarik dibaca. Spidol warna berbeda membantu anda dalam membedakan catatan yang paling penting daripada lain atau dengan poin-poin. Spidol hitam permanen juga membantu anda menandai file. Sementara itu, spidol papan tulis bisa digunakan untuk presentasi.

 

6. Penggaris

penggarisAlat tulis kantor yang esensial, digunakan untuk mengukur dan menggambar garis lurus dengan presisi dalam berbagai proyek dan dokumen. | Kredit: Google

Penggaris dinilai sebagai alat tulis pelengkap yang memudahkan anda merapikan garis tabel dalam suatu pendataan atau pelaporan. Dengan begitu, laporan administratif dan keuangan bisa dibuat lebih tertata dan rapi. Anda juga bisa melakukan pengukuran pada buku dengan akurat.

 

7. Nota

notaKertas kecil yang berguna untuk mencatat informasi penting atau mengingatkan tugas, sering digunakan dalam kegiatan sehari-hari di kantor maupun di rumah. | Kredit: Google

Agar pencatatan transaksi berjalan dengan baik, siapkan nota sebagai ATK kerja. Anda pun bisa melacak pembelian, penjualan dan transaksi dengan mudah. Buku ini juga mendukung semua operasi bisnis baik rumah makan, retail hingga gerai minuman. Anda bisa memasukkan nota ke tempat pensil atau tas.

 

8. Stapler

staplerAlat tulis kantor yang praktis, digunakan untuk menggabungkan beberapa lembar kertas dengan rapi dan efisien, menjaga dokumen tetap teratur. | Kredit: Google

Stapler pasti dibutuhkan untuk menyatukan beberapa berkas agar tidak berantakan. Berkas pun tertata rapi dan setiap halamannya tergabung menjadi satu. Anda bisa memilih stapler yang menampung 50 isi staples dan menjilid hingga 20 lembar kertas. Jangan lupa bawa isi staples untuk mengisi ulang.

 

9. Rak Pensil

rak pensilTempat penyimpanan yang fungsional, dirancang untuk menjaga pensil dan alat tulis lainnya terorganisir dan mudah dijangkau di meja kerja. | Kredit: Google

Rak pensil berguna sebagai wadah penyimpanan alat tulis pensil, bolpoin dan lainnya agar meja kerja tidak berantakan. Organizer ini tersedia berbagai macam ukuran dan bisa anda sesuaikan dengan kapasitas penggunaan ATK. Desainnya juga estetik dan colorful sehingga meja kerja tampak profesional. Rak mini ini terbagi menjadi empat pembagian ruang.

 

10. Notebook

notebookAlat tulis yang berguna untuk mencatat ide, rencana, dan catatan penting, menyediakan ruang yang terstruktur untuk mengekspresikan kreativitas dan produktivitas. | Kredit: Google

Notebook atau buku catatan harus dibawa kemanapun anda pergi saat bekerja untuk memudahkan kegiatan pencatatan. Notebook sendiri juga tersedia dalam berbagai macam ukuran dan lembar. Anda bisa memilih ukuran yang pas di kantong atau tas agar praktis dibawa.

 

11. Lem Stick

lem stickAlat perekat praktis yang mudah digunakan, ideal untuk menempelkan kertas atau bahan ringan tanpa membuat noda dan tetap rapi. | Kredit: Lazada

Lem juga wajib dimiliki bagi karyawan kantor untuk merekatkan kertas. Lem ini tidak beracun dan bau sehingga lebih nyaman dan aman dipakai daripada lem cair. Jika menempel pada tangan atau baju, lem mudah dibersihkan. Ukurannya yang ramping dan kecil praktis dibawa kemanapun.

 

12. Gunting

guntingAlat potong yang esensial di kantor, digunakan untuk memotong kertas, karton, dan bahan lainnya dengan presisi dan efisiensi. | Kredit: shopee

Gunting memudahkan anda dalam memotong kertas atau membagi kertas menjadi beberapa bagian. Gunting juga tersedia dalam berbagai ukuran ada yang kecil, sedang hingga besar. Agar mudah dan praktis dibawa, pilihlah gunting kecil. Bahan stainless steel dinilai tahan karat dan awet.

 

13. Cutter

cutterAlat pemotong yang tajam dan presisi, ideal untuk memotong kertas, kardus, dan bahan lainnya dengan mudah dan bersih. | Kredit: Google

Tidak hanya gunting, cutter juga diperlukan untuk membuka surat atau paket barang agar lebih rapi. Alat ini dilengkapi pegangan yang nyaman sehingga tidak sakit saat digenggam. Anda bisa memilih cutter dengan sistem auto lock agar bilah pisaunya tidak keluar saat dipakai. Sangat disarankan untuk memiliki isi cutter atau bilah pisau untuk isi ulang.

 

14. Sticky Notes

Sticky NotesKertas kecil berwarna dengan perekat di satu sisi, ideal untuk mencatat pengingat atau ide secara cepat dan menempelkannya di berbagai permukaan. | Kredit: Google

Sering lupa akan permintaan rekan kerja atau atasan? Sangat disarankan untuk memiliki catatan tersendiri khusus tugas yang tidak terduga dan darurat seperti mencatat dan menempel sticky note di meja kerja. Sticky note sendiri terdiri dari 400 buah kertas yang terbagi menjadi 4 macam warna seperti kuning, orange, hijau, dan pink.

 

15. Clips

clipsKlip kecil yang praktis, digunakan untuk mengikat beberapa lembar kertas bersama-sama, menjaga dokumen tetap terorganisir dan rapi. | Kredit: Google

Selain stapler, paper clips juga penting dimiliki untuk merapikan dokumen yang berserakan. Bedanya, clips tidak merusak atau melubangi kertas sehingga kertas tidak rusak. Kertas juga mudah diambil kembali tanpa perlu membuka tautan stapler. Clips sendiri hadir dengan berbagai ukuran mulai dari trigonal clips hingga binder clip.

 

Itulah apa saja alat tulis kantor yang wajib dimiliki seorang karyawan untuk memudahkan produktivitas kerja. Usahakan memilih alat tulis yang sesuai harga atau berkualitas agar dapat digunakan dalam jangka panjang. Alat tulis yang lengkap pun membuat kegiatan dokumentasi, akuntansi, operasional dan pelaporan lebih rapi.

 

Untuk menyambut karyawan di hari pertamanya di kantor, jangan lupa untuk menyiapkan onboarding kit untuk karyawan agar mereka bisa lebih semangat dalam bekerja. Temukan beragam koleksi produk gift box dari Studiokado yang bisa dicustom untuk dijadikan employee welcome kit. Temukan juga koleksi produk  corporate hampers project dari Studiokado untuk inspirasinya.

 

Baca Juga : 

 

Take a Sip

Toast to the success of your beloved, and "Take a Sip" with them

Roses All The Way

Comforting gift for many occasions