Apa Itu Event, Tujuan, Manfaat dan Jenis-Jenisnya

Temukan informasi lengkap tentang apa itu event, tujuan, manfaat, dan berbagai jenisnya. Pelajari bagaimana event dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Tahukah anda apa itu event? Event atau acara ialah serangkaian kegiatan yang diselenggarakan suatu individu, organisasi atau instansi untuk tujuan tertentu. Event sendiri memiliki beragam tema mulai dari sosial, budaya, musik, agama, seni hingga kenegaraan. Kegiatan diselenggarakan untuk menunjukkan hal-hal penting dalam waktu tertentu.

 

Acara digelar untuk menunjukkan, memperlihatkan serta merayakan momen spesial dalam waktu tertentu. Penentuan acara pun perlu dipertimbangkan sesuai dengan target audiens seperti acara musik yang cocok bagi remaja. Ada beragam jenis acara sesuai manfaatnya yang berbeda seperti berikut.

 

Jenis-jenis Event dan Kegunaannya

 

1. Bazar

Acara bazar ialah kegiatan yang diselenggarakan untuk menawarkan berbagai produk karya seni yang dijual kepada pengunjung. Selain karya seni, ada juga bazar yang menjajakan kuliner yang nikmat disantap langsung atau dibawa pulang. Contoh beberapa acara kuliner terkenal di Indonesia yakni Festival Jajanan Bango, Bali Interfood, dan Festival Kampoeng Tempo Doeloe.

 

2. Fashion Show

Fashion show ialah jenis acara yang sangat disukai para fashionista karena menampilkan berbagai jenis pakaian terbaru hasil karya designer. Acara di biasanya digabung dengan rangkaian acara event yang lebih besar seperti Indonesia Fashion Week yang diselenggarakan setiap tahun sekali.

 

3. Workshop

Event workshop ialah jenis acara yang sangat tepat untuk dikunjungi dalam mempelajari sesuatu atau mendalami sesuatu. Jenis acara ini diisi dengan narasumber atau ahli yang didatangkan secara khusus untuk membimbing peserta secara langsung atau berbagi pengetahuan. Keberadaan acara ini membuat suasana sebuah kota atau tempat menjadi lebih hidup.

 

4. Kegiatan Sosial

Tidak semua kegiatan sosial bersifat komersial. Banyak jenis acara yang memang digelar dengan tujuan sosial seperti pasar amal, kunjungan panti jompo, panti asuhan dan donor darah. Menariknya, akhir-akhir ini, kesadaran pentingnya acara sosial semakin meningkat sehingga banyak pengunjung yang tertarik.

 

5. Pameran

Pameran memang hampir sama dengan bazar tetapi keduanya memiliki perbedaan yang bisa dikenali. Bazar ialah kegiatan yang menampilkan berbagai karya seni sedangkan pameran tidak selalu menjual karyanya kepada para audiens. Pameran berskala besar biasanya diselenggarakan di hall atau aula. Untuk berskala kecil, pameran digelar suatu ruangan khusus atau galeri.

 

Pameran bisa dikunjungi untuk melepas penat dan mempelajari seni. Tidak hanya itu, pameran juga terkadang menyediakan karya seni untuk dijual sehingga terasa menarik bagi pengunjung yang hobi shopping. Kabar baiknya, harga yang ditawarkan pun lebih murah sehingga selalu menjadi incaran para kolektor.

 

6. Talk Show

Seperti namanya, talk show menyajikan acara obrolan seru berbobot yang mengangkat tema khusus. Acara ini mengundang narasumber dengan reputasi baik atau prestasi layak untuk dapat dipandu oleh host. Narasumber juga dapat berbagi pengalaman dan sharing tips bermanfaat lainnya kepada para audiens.

 

7. Seminar

seminarSuasana seminar dengan seorang pembicara di podium menjelaskan materi di depan peserta yang duduk dengan penuh perhatian. | Kredit : iStock

Konferensi seperti seminar tergolong jenis event pemasaran yang sering diselenggarakan oleh suatu instansi. Hal ini untuk melakukan studi mengenai topik-topik khusus yang bersifat ilmiah dan dihadiri oleh narasumber profesional dan berkompeten. Biasanya, narasumber juga seorang akademisi atau praktisi yang menguasai suatu topik pembahasan.

 

Biasanya, kegiatan seminar diawali dengan presentasi serta pembahasan oleh pembicara yang diikuti dengan tanya jawab. Pada sesi ini, semua peserta berpartisipasi dengan aktif agar seminar berjalan lebih seru, menyenangkan, menarik dan dinamis. Event seminar sendiri terdiri dari berbagai jenis seperti seminar bisnis, properti, pendidikan dan perpajakan.

 

8. Konser

Konser atau pertunjukan musik tidak hanya dilakukan melalui televisi atau gadget tetapi juga berupa penampilan live. Pengunjung pun berkesempatan untuk bertemu dengan penyanyi favoritnya langsung. Dengan begitu, audiens dapat menelusuri hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

 

Dengan menonton konser musik, pengunjung bisa menikmati suasana dan keseruan pertunjukan yang tidak bisa diperoleh dari televisi. Tidak hanya musik, konser juga beragam seperti konser budaya dan acara tradisional tertentu seperti Grebeg Swalayan di Yogyakarta. Anda pun bisa menggabungkan acara konser dengan event menarik lainnya agar semakin meriah.

 

9. Pasar Merk Lokal

Pasar Merek Lokal ialah salah satu acara yang sangat diminati para anak muda. Pasar merk lokal ini juga terkadang menghadirkan item fashion seperti baju, jaket, celana, sepatu dan aksesoris lainnya. Untuk menambah keseruan dan menarik lebih banyak pengunjung, event dimeriahkan dengan pertunjukan band ternama.

 

10. Acara Organisasi

Acara organisasi atau organizational sering digelar oleh organisasi untuk merealisasikan visi, misi, tujuan, harapan dan cita-cita bersama para anggotanya. Beberapa diantaranya yakni pameran, expo, webinar, seminar, grand opening dan lainnya yang sering dilakukan oleh perusahaan atau instansi.

 

Adapun acara organisasi ini dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan. Acara diharapkan mampu menarik perhatian para target konsumen. Dengan meningkatnya ketenaran brand, hasil penjualan pun kian meningkat. Kesuksesan sebuah acara bisa dilihat dari persepsi positif audiens.

 

11. Acara Personal

Acara personal atau pribadi melibatkan anggota keluarga, teman atau kerabat sehingga jenis acara ini cukup sederhana seperti pernikahan, ulang tahun, aqiqah dan sejenisnya. Lokasinya juga fleksibel seperti halaman rumah karena kapasitasnya tidak sebanyak acara organisasi seperti seminar.

 

12. Acara Budaya

Seperti namanya, cultural event atau acara budaya berhubungan dengan budaya sehingga memiliki nilai sosial yang tinggi di mata publik. Jenis acara ini sudah ada sejak dulu tetapi kini acara dikemas menjadi lebih menarik dan disesuaikan dengan perkembangan zaman seperti acara wayang.

 

Itulah apa saja jenis-jenis event dan kegunaannya yang perlu dipelajari sebelum menggelar sebuah acara. Setiap acara memiliki tujuan yang berbeda sehingga rangkaian kegiatannya juga berbeda. Keberhasilan acara dipengaruhi oleh seberapa siap sarana, rancangan kegiatan dan aspek penting lainnya.

 

Sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran dan partisipasi dalam suatu acara atau event, manfaatkan kesempatan istimewa ini dengan memberikan souvenir eksklusif dari Studiokado. Souvenir ini bukan hanya sebagai kenang-kenangan, tetapi juga dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, menjadikannya lebih berarti dan unik. Dengan berbagai pilihan desain dan custom yang tersedia, Anda dapat memilih item yang paling mencerminkan pengalaman acara Anda dan memberikan sentuhan pribadi yang spesial.

 

Baca Juga : 

July.

Pamper Yourself with Luxurious

The Desk

Motivation Boost for Colleagues at office

EXPAT. ROASTERS - COFFEE DRIP BAG HABITAT

A Single-Origin Coffee with a Story to Tell